Rabu, 15 Juni 2011

Saksikanlah Fenomena Alam


INILAH.COM, Bandung - Dini hari nanti, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan peristiwa alam yang cukup langka, gerhana bulan total.

Gerhana bulan ini akan mulai Kamis (16/6/2011) pukul 01.22 WIB hingga 05.22 WIB, dan akan terlihat jelas jika kondisi langit cerah.

Peneliti Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar mengatakan, gerhana kali ini merupakan yang pertama di tahun 2011. Selain dini hari nanti, gerhana bulan total juga akan terjadi pada 10 Desember 2011 mendatang.

"Ini gerhana bulan total pertama di tahun ini. Semua masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dapat dengan jelas menyaksikannya," ujar Evan saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (15/6/2011).

Ia menambahkan, para peneliti Bosscha akan melakukan pengamatan terhadap gerhana kali ini. Pengamatan akan menggunakan teropong kecil milik Bosscha.

"Kita tidak akan menggunakan teropong yang besar, karena hasilnya tidak maksimal. Lebih asyik pakai teropong yang kecil, jadi kita bisa lihat prosesnya secara lebih detil," jelas dia.

Namun, Evan mengatakan, pengamatan nanti tidak dibuka untuk umum. Meski demikian, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan hasil pengamatan peneliti Bosscha, bisa melalui video streaming di http://bosscha.itb.ac.id.

"Kami sudah bekerjasama dengan Kominfo untuk video streaming ini. Jadi masyarakat nggak perlu jauh-jauh datang ke Lembang, cukup menyaksikannya lewat internet," ungkapnya.[den]

Tidak ada komentar: