Rabu, 22 Juni 2011

Ekskursi ke Taman Nasional Ujung Kulon


Agenda Ekskursi Mahasiswa S-2 pendidikan Geografi tahun 2011 ke Taman Nasional Ujung Kulon telah di lakukan pada tanggal 23-28 Juni 2011. Perjalanan dari Kampus SPs Universitas Pendidikan Indonesia pada Senin dini hari menuju Kampus UNTIRTA untuk kunjungan silaturahmi dengan rektor. Kemudian setelah makan siang menuju Pandeglang untuk melakukan temu wicara dengan Pengurus MGMP Geografi Pandeglang. Setelah itu rombongan langsung menuju Kecamatan Sumur dan bermalam di sana. Esok harinya rombongan berlayar menuju Pulau Peucang yang masih berada di dalam Kawasan TNUK.

Di Pulau Peucang terdapat pantai yang memiliki panjang 600 m yang disebut dengan pantai emas (golden beach), dengan pasir putih halus dan air laut biru yang tenang dan jernih. Taman laut yang penuh ikan-ikan kecil beraneka warna dengan karangnya yang indah akan di jumpai di pulau ini dengan jarak 1 km menuju arah selatan Pulau Peucang, dengan hamparan pasir putih dipinggir pantai, terdapat berpuluh ekor kijang yang berkeliaran dengan bebas, biawak, hingga monyet-monyet yang selalu akan menemani kita sejak kedatangan di dermaga hingga ke penginapan. Saat makan malam, di pinggir pantai kijang-kijang jinak dan babi hutan akan senantiasa menemani kita.

Pulau tanpa penghuni, pasir putih, air laut yang jernih (sampai kita bisa lihat ikan-ikan berenang didalamnya), menjangan, monyet, merak yang bermain di pantai dan masih banyak lagi informasi yang menarik tentang Pulau Peucang. Kenikmatan lain dari eloknya pantai berpasir putih dengan gelombang lautnya yang tenang akan lebih menikmati lautnya kalau dengan berenang, snorkling atau diving. Bersambung…

Tidak ada komentar: